Kamis, 06 Desember 2012

kota bandung

SEJARAH KOTA BANDUNG
Bandung berada di provinsi jawa barat pada koordinat 6-7 derajat LS dan 107-108 BT. Letaknya di sebuah dataran tinggi yang dikelilingi dengan pegunungan dan perbukitan dengan ketinggian rata2 1.300m dpl. Dataran tinggi bandung merupakan kaldera Gunung Purba Sunda yg kemudian menjadi danau purba Bandung. Bagian selatan kota terletak di tepi dataran tinggi dan bagian utaranya membentang di lereng perbukitan.
Tanggal 25 September 1810 merupakan waktu terealisasinya perintah Gubernur Jenderal Hindia Belanda H. W. Daendels kepada bupati ukur  RA. Wiranata Koesoema II (1794-1829) untuk memindahkan Tatar Ukur dar Krapyak (Baleendah sekarang) ke arah utara sejauh 11km, ke tepi Grote postweg (Jalan Raya Pos), yaitu di dekat perpotongan Grote Postweg dan sungai Cikapundung.
Bupati RA. Wirana Koesoemah lamgsung memimpin rakyat Tatar Ukur dalam pelaksanaan pembangunan kota, sehingga dia dikenal dengan julukan Dalem Kaum, yaitu tokoh pendiri kota Bandong. Kemudian berdasarkansebuah bisluit pemerintah Hindia Belanda tanggal 25 Semptember 1810, Kota Bandung dinyatakan sebagai ibu kota kabupaten Bandong.

IDENTITAS KOTA BANDUNG 
Setiap kota memiliki identitas kota (Landmark) yang berbeda satu dengan yang lainya. baik yang berskala regional, nasional maupun internasional.
Kota Bandung mempunyai minimal 2 identitas kota yang bertaraf internasional, yaitu gedung monumental yang bernama Gedung Sate dan kawasan Braga.
Dr. H.P Berlage (1923), seorang arsitek kenamaan Belanda, menilai Gedung Sate merupakan een groots werk (sebuah karya besar).
Kawasan Braga sudah dikenal sejak jaman Hindia Belanda dan merupakan salah satu unsur yang menjadikan kota Bandung merima julukan Paris Van Java. Kawasan Braga sempat dijuluki De meest Eropeesche winkelstraat van indie (Kompleks Pertokoan Terkemuka di Hindia Belanda). Sampai saat ini Bandung pun masih menjadi pusat perbelanjaan terkemuka di Indonesia. Dan sebuah kenyataan yang tidak bisa dipungkiri nama kota bandung sampai sekarang ini identik dengan Mojang Bandung, yang umumnya cantik jelita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar